3kali Ditolak untuk 1kali Diterima

Pilihan hati menjadi seorang abdi. Menemani mereka yang di usia muda dengan semangat menggelora meraih cita-cita. Menjadi guru Kimia yang ingin tetap berjiwa muda meski waktu menambah usia.

Posting kali ini menceritakan perjalanan siswa saya yang kebetulan menggemari pelajaran kimia, entah itu karena suka dengan materinya atau suka dengan gurunya belum pernah saya tanyakan padanya.

Tapi yang jelas karena dia memilih kimia, saya menjadi kenal dekat dengannya dan banyak belajar darinya.

Semoga yang membaca tulisan ini juga dapat belajar dari kisahnya..

Dan semoga juga yang melihat foto ini bisa membedakan mana siswa dan mana gurunya…

Check this out..

****

Bismillaah..

“Bu..saya sebenernya pengen banget kuliah bu…

Tapi saya ngga mau ngrepotin orang tua…

Kalau saya kuliah y hrus dpt beasiswa, kalau ngga ya nnti saya sambil kerja.

Saya harus gimana ya bu..mohon bmbingannya ya bu..??

–RETNO PALUPI MA–

Kurang lebih begitu tulisannya sewaktu saya mnyuruh anak2 menuliskan rencananya stelah lulus dari aliyah…

Saya sbenarnya  agak kaget..krena perangainya selama ini tidak mnyiratkan kbingungan semacam itu…

Dan stelah hari itu.. dia mulai sering pinjam buku, pinjam soal dll…berharap usahanya akan beRbuah manis suatu hari nanti…

Tapi..manis tidaklah akan terasa ketika belum merasakan pahit..

Pahit pertama dia rasakan ketika harus menrima kenyataan TIDAK DITERIMA di jalur SNMPTN.

Kecewa dan air mata pastinya tidak lepas darinya..

Beranjak mulai bisa besemangat….datang lagi kepahitan ke dua dari jalur SPAN PTKIN. Puluhan teman2 nya lolos di jalur ini..dan dia masih harus mnyeka air matanya lagi…

Dua kegagalan ini mmbuat dia banyak berintrospeksi diri..apa yg salah?? Apa yg kurang???

Tidak banyak yg bisa saya katakan..karena sejatinya obat dari kegagalan adalah keberhasilan di ksempatan berikutnya..kata2 saya tidak akan banyak mngobati.

Saya pikir disaat sprti ini suport orang tua sangatlah dibutuhkan..mungkin ayah dan ibunya bisa mnghiburnya..

Saya coba bertanya “sudah ngabari bapak/ibu?? Mnta doanya biar dites yg berikutnya dimudahkan..

Dia jawab ” saya blum crt ke bapak..takut ngga diizinkan, kalau tau saya mau kuliah..besok saja bu klo sdh dterima saya baru crita ”

Saya jawab ” cobalah pelan2 crt ke bapakmu kalau km sdg berusaha utk bs dterima kuliah dgn beasiswa, mungkin kgagalanmu itu krn blm dpt restu bpkmu..

Siapa tahu saja klo bapakmu ikut mndoakan..jalanmu akan dmudahkan”

Dua kegagalan ini mmbuat dia berada di zona tidak nyaman tapi ketidaknyamanan inilah yg mmbuatnya bangkit dari kegagalan…

Dia mulai bersemangat lagi…untuk ikut tes pertama yaitu SBMPTN, dan yg ke dua tes PBSB ( beasiswa santri beprestasi )

Di hari pngumumam SBMPTN saya masih mlihat gelisah di raut wajahnya yg bercampur ketidaksabaran melihat pengumuman…

Dan ternyata benar masih permintaan MAAF yg dia dpatkan dri website pngmuman SBMPTN karena masih TIDAK DITERIMA..

Tiga kegagalan sudah dia lewati, rasanya mungkin sudah lelah…

Terakhir kemarin dia bilang ” bu kalau ngga dterima PBSB, saya daftar apa aja lah bu yg penting saya kuliah ..saya ngga mau lihat pengumuman nya sendiri lah, saya nunggu kabar aja”

Saya jawab ” yasudah..kta tnggu pngmuman aja dulu besokk..” sebelum pergi dia bilang ” oya bu..kmrin saya udah blg sama bpk saya, di luar dugaan.. trnyata bpk saya mndukung saya untuk kuliah responnya positif bu..saya sampe kaget…dan mbatin ini bapak saya apa bukan ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚”  saya jawab ” yaa..mudah2n bsok dpt kbar baik..

Raut wajahya menandakan dia sudah NERIMO dengan apapun hasilnya nanti..

Dan hari ini..semua usaha dan doanya terjawab..

3 kali gagal dan di kali ke 4 nya dia BERHASIL…

LOLOS BEASISWA SANTRI BERPRESTASI

PRODI PENDIDIKAN DOKTER

UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA..

Seolah terputar dalam memori says

masa2 berjuangnya yg prnah saya saksikan..

Tidak pernah ada usaha yg sia sia..

Semua akan indah pada waktunya..

Semua akan indah dengan ridho Nya..

SELAMAT ATAS KEBERHASILAN INI..

SEMOGA BERKAH DAN MANFAAT..

Author:

Tidak banyak yang saya minta hanya sebuah pengertian saja..

Leave a Reply

